English

Pesan-pesan dari Rusia, AS, Australia menuntut pembebasan bagi sosialis-sosialis Tamil

Fax-fax, surat-surat dan e-mail terus menerus dikirimkan ke kantor Liberation Tigers of Tamil Eelam (LTTE) (Harimau-harimau pembebasan dari Tamil Eelam) di London, sebagai peningkatan kampanye internasional World Socialist Web Site (WSWS) (Socialis Dunia Web Site) untuk membebaskan ketiga anggota dari Tamil sosialis yang ditangkap oleh LTTE.

Thirugnana Sambandan, Kasinathan Naguleshwaran dan Rajendran Sudarshan, semuanya adalah anggota dari Socialist Equality Party (SEP) (Partai Persamaan Sosialis) di Sri Lanka, yang ditangkap di Kilinochchi, sebuah daerah yang dikontrol oleh LTTE, golongan gerilya separatis yang sedang berperang di utara dan timur dari Sri Lanka. Sambandan dan Naguleshwaran ditahan pada tanggal 26 Juli, ketika mereka sedang memasang plakat-plakat SEP di daerah itu. Sudarshan ditangkap pada tanggal 2 Agustus di tempat kediamannya.

LTTE memang sangat terkenal dengan pengunaan kekerasan, termasuk pembunuhan terhadap opposisi politisnya. Pada Tanggal 28 Juli, ketika keluarga-keluarga daripada Sambandan dan Naguleshwaran berbicara kepada pimpinan LTTE yang mengepalai daerah itu, Theepan, ia mengatakan bahwa ia telah memerintahkan penangkapan itu karena politik-politik SEP telah menjadi penghalang terhadap kegiatan-kegiatan LTTE. Theepan menambahkan bahwa ia telah menyerahkan kedua anggota-anggota SEP tersebut kepada Pottu Amman, kepala dari polisi LTTE yang dikenal dengan penyiksaannya terhadap oposisi-oposisi dari LTTE.

World Socialist Web Site telah memulai kampanye internasional untuk menuntut agar anggota-anggota SEP Sri lanka tersebut dibebaskan. Ratusan dari edaran-edaran pers sudah dikirimkan ke koran-koran, agensi-agensi pers, televisi, dan kantor pemberitaan dan web site di seluruh dunia. SEP Sri Lanka dan partai persaudaraannya di seluruh dunia telah menghubungi sejumlah golongan-golongan hak asasi manusia, organisasi-organisasi buruh dan individu-individu yang mempunyai kepercayan terhadap perlindungan hak-hak demokratis meminta agar surat-surat protes segera dikirimkan. Di London saja, sejumlah organisasi dan kantor-kantor pemberitaan, termasuk surat kabar dari India, Paskistan dan Sri Lanka, jurnal-jurnal dan sejumlah web site, bersama dengan South East Asian Studies academics (akademi-akademi Pelajaran di Asia Timur Laut) yang dihubungi pada hari Jum'at.

Juga pada hari Jum'at itu, WSWS telah menerima pencontohan dari sebuah fax yang dikirimkan kepada kantor LTTE dari anggota-anggota dewan redaksi majalah Rusia 'Social Equality (Socialis Persamaan),' memprotes penangkapan dan penahan terhadap anggota-anggota Tamil SEP. Majalah tersebut diterbitkan oleh pendukung-pendukung Komite Internasional dari internasional Keempat (International Committee of the Fourth International) dari Chelyabinsk, Rusia. Surat mereka mencela panahanan tersebut sebagai ' kejadian yang secara terbuka merupakan serangan bermotivasi politis terhadap hak-hak demokratis.'

Sebuah surat juga telah dikirimkan oleh sedosin pekerja di pabrik General Motor di Dayton, Ohio, anggota-anggota dari United Auto Workers Local 696. Sebagian dari surat tersebut terbaca sebagai berikut, 'SEP selalu berjuang untuk menyatukan para pekerja di seluruh dunia, dalam pelawanan terhadap siapapun atau golongan apapun yang berusaha untuk memisahkan kami. Persatuan daripada pekerja-pekerja Sinhala dan Tamil dan juga petani-petani adalah hanya satu-satunya jalan untuk mengalahkan perang-perang rasis yang dilaksanakan oleh pemerintah di Colombo. Sebagai bagian dari tugas kami untuk berdiri dengan pekerja-pekerja di seluruh dunia, kami mencela penangkapan dari anggota-anggota SEP dan menuntut agar mereka dibebaskan dan dipulangkan tanpa dianiaya.'

Seorang pekerja dari perawatan pesawat terbang dan wakil dari perserikatan pekerja logam (metal workers' union) di Sydney, Australia juga mengirimkan surat protes. Dengan menggambarkan dirinya sebagai 'pendukung lama dari perjuangan Tamil,' ia menyatakan bahwa 'aksi-aksi dari LTTE merupakan serangan terhadap politik-politik sosialis dan internasionalis dan kepada hak-hak demokratis semua pekerja dan organisasi mereka. Sebagai wakil dari salah satu perserikatan buruh terbesar di negara ini (AMWU), saya dapat menjamin kepada anda bahwa saya akan berkampanye di dalam organisasi itu untuk pembebasan dari anggota-anggota SEP.'

Surat yang lainnya, dikirimkan oleh seorang pegawai negeri di Melbourne, mengatakan bahwa banyak orang-orang Australia 'cenderung menyesalkan nasionalisme diseluruh daerah tersebut sebagai hasil yang jahat dan langsung dari Eropa-America perdagangan dan imperialisme.' Jika LTTE memenjarakan orang-orang karena mempunyai 'pandangan-pandangan internasional,' ia mengatakan bahwa mereka akan dilihat 'di dalam pikiran buruk yang sama seperti nasionalisme di India.'

Ketika SEP di Sri lanka pertama kali mengetahui tentang penahanan tersebut, pada tanggal 4 Agustus, dengan segera surat-surat protes dikirimkan ke kantor utama LTTE, yang berlokasi di London, Inggeris. Berita-berita yang sama juga dikirimkan oleh partai persaudaraan SEP di India, Eropa, Amerika Utara, Rusia dan Australia. Sejumlah surat-surat protes dikirimkan oleh individu-individu di AS, Canada, Inggeris,Jerman, Jepang dan Australia. Sebuah organisasi Pekerja Tekstil di India, pekerja pabrik pupuk di Australia, sopir-sopir bus di London dan pekerja-pekerja telepon di AS juga sudah mengirimkan protes-protes mereka.

Meskipun dengan mengalirnya surat-surat dan fax-fax memprotes penahanan tersebut, LTTE telah gagal mengeluarkan pernyataan tentang keberadaan dan kondisi dari para tahanan tersebut. Pada 12 Agustus seorang wakil dari LTTE di London memberitahukan World Socialist Web Site (WSWS) bahwa pesan-pesan dan surat-surat itu telah disampaikan kepada LTTE di Sri Lanka dan ia masih menunggu balasannya.

WSWS secara mendesak menyerukan panggilan kepada para pembaca, semua organisasi buruh dan hak asasi manusia, dan siapapun yang melindungi hak-hak demokratis untuk mengirimkan fax dan surat-surat kepada LTTE mencela penahanan dari anggota-anggota SEP di Kilinochchi dan menuntut pembebasan mereka dengan secepatnya dan tanpa kondisi tertentu.

Surat-surat melalui fax dapat dikirimkan ke LTTE c/o Eelam House (London) di: 44-171-403-1653

Telepon: 44-171-403-4554.

Pernyataan-pernyatan tersebut juga dapat dikirimkan ke:

The LTTE c/o Eelam House 202 Long lane London SE1 4QB United Kingdom

Silakan mengirimkan percontohan dari semua pernyataan-pernyataan protes ke WSWS di:

E-mail: editor@wsws.org
Fax: (AS) 248-967-3023

See Also:
Surat dari SEP Sri Lanka Sekretaris Umum kepada LTTE
Surat dari David North kepada LTTE
Ketua dewan redaksi WSWS menuntut pembebasan sosialis-sosialis Sri Lanka